Dikota sebesar jakarta sudah sangatlah muda bagi para penduduknya untuk menemukan tempat - tempat perawat untuk wanita atau yang lebih akrab dengan sebutan salon. seperti salah satu salon yang berada di jakarta selatan ini tepatnya di daerah bintaro. Salon ini beroprasi dari pukul 07.30 pagi hingga 08.00 malam. Tidak ada
yang berbeda mengenai waktu beroprasi di weekday dan weakend yang membedakan
hanyalah jumlah terapis yang tersedia di salon tersebut. Untuk weekday para
terapis akan secara bergantian mendapatkan jatah libur sehingga yang berada
atau stand by di salon hanyalah setengah dari jumlah seluruh terapisnya,
berbeda dengan weakend karena untuk sabtu dan minggu semua terapis diwajibkan
untuk masuk dan full time.
Traffic salon ini jika dilihat dari weekdays, salon
ini akan ramai customer diatas pukul 3 sore, dikarenakan kebanyakan dari mereka
yang berkunjung adalah para pekerja yang pulang dari kantor. Jika dia bukan
seorang pekerja (mahasiswa, pelajar) mereka datang sore dikarenakan cuaca luar
yang panas dan mereka merasa malas untuk keluar saat cuaca tidak bersahabat
sehingga mereka akan menunggu hingga suasa menjadi lebih adem sedangkan untuk
weakends mereka akan mulai dipadati oleh customer dari awal buka hingga tutup. "Kalau hari sabtu sama minggu kadang saya aja ampe lupa makan mba, sangking ramenya pengunjung hahaha maklumlah kan kalo hari itu emang biasanya mba para costumer ga kerja jadi pasti mereka akan langsung lari kesini, ada aja treatment yang mereka lakukan" ujar salah satu terapi yang sedang beristirahat siang diruang para terapis yang ada.
Terapis sedang melakukan treatment |
tampak depan saat memasuki salon |
Untuk harga salon poetri ini memiliki strategi segi dalam penentuan
harganya, mereka berani memberikan harga yang sangat bersahabat untuk semua
kalangan tetapi tetap dengan kualitas pelayanan yang memuaskan, hal ini
dibuktikannya dengan traffic pengunjung yang baik dari awal pembukaannya hingga
sekarang (sudah berjalan 3 tahun). Strategi pemasaran hanya dilakukan pada awal
pembukaannya saja, “disaat awal salon ini yang cabang bintaro yah buka, saya
itu ga ngelakuin hal buat marketing yang ribet yah, saya hanya
memperkenalkannya kepada teman saya, keluarga, dan rekan-rekan mama saya. Terus
juga pernah buat brosur juga 1 kali doang, terus saya juga bikin facebooknya
tetapi saat ini kurang dan sangat minim dalam pengoprasiaannya. Kebanyakan
orang mengenal salon saya dari mulut ke mulut saja, kalo dia merasa cocok
dengan pelayanan di salaon saya maka dia akan datang kembali bahkan dengan
membawa temannya” ungkapan tante sari saat disinggung mengenai stratge
pemasaran yang hingga saat ini dia lakukan.
“salon ini tuh aku tau uda cukup lama yah, kalo
ditanya kenapa milih tempat ini karena cukup privacy untuk ibu-ibu kayak aku
yah selain emang lokasinya deket sama rumah dan salon juga enak yah, homey
banget, perawatnnya yang dikasih disini tuh cukup sesuai dengan ekspektasi,
bukanya juga uda dari pagi jam setengah 9, jadikan kayak aku nih ibu-ibu
sebelum orang rumah pada pulang bisa pijit pijiit dulu gitu disini, kalo
harganya juga terhitung murah banget lah ya” ungkap salah satu customer yang
sedang melakukan perawatan dan di pegang oleh 2 terapis. Diakuinya melakukan
sebuah perawatan di luar rumah membutuhkan sebuah tempat yang tertutup untuknya
karena apa, dia seorang ibu yang sudah menggunakan kerudung sehingga dia
membutuhkan sebuah tempat perawatan yang dapat menjaga privasinya sebagai
customer. Hal ini dirasakannya dapat diperolehnya saat dia melakukan treatment
di Poetri salon, dan juga mereka memiliki ruangan sendiri untu melakukan
message badan, ini lah yang menjadi sebuah nilai tambah menurut ibu nila.
Savitri / 18 Tahun / Mahasiswa |
Mungkin bisa saja apa yang dirasakan oleh bu nila
berbeda dengan yang dirasakan oleh pengunjung lainnya, keuntungan yang
dirasakan setiap konsumennya terhadap perwatan yang ditawarkan oleh salon ini
berbeda-beda. Seperti yang dikatakan oleh salah satu loyal customernya juga
yaitu savitri, 18 Tahun ““eank banget , harganya juga murah
banget deh, kayak aku kaan naik motor yah terus kayak kena debu gitukan, nah
aku tuh suka banget luluran , di salon ini ada paketan yang lulur, pijat,
creambath itu mess than 100.000 , makannya itu yang aku suka banget dari salon
ini memiliki paket yang cocok bgt buat kantong aku.” diakuinya salon yang sudah menjadi
langganannya sejak duduk di bangku SMA ini memiliki range harga yang cukup
murah, bahkan terkadang tidak jarang disaat weakend dia melihat salon ini
dipenuhi dengan mobil – mobil yang berjejer didepan salon menandakan banyaknya
pengunjung dari semua kalangan dan semua umur yang sedang mengantri untuk
melakukan sebuah perawatan di salon ini. Dia merasa salon ini sudah cukup
dikenal oleh banyak kalangan tidak hanya cocok bagi para kantong pelajar tapi
salon ini juga cukup digemari oleh kalangan wanita dewasa.
Bisnis salon ini bergerak dalam Home Based Leisure,
dikatakan seperti itu karena suasana salon ini mengutamakan suasana rumah yang
nyaman dengan tujuan membuat para konsumennya dapat merasa seperti sedang
melakukan sebuah treatment dia rumah sendiri dan juga merasa betah. Dalam
Home-centered leisure dijelaskan beberapa faktor yang menentukan tempat leisure
dengan aktifitas berbasis rumah karena adanya sebuah kenyamanan (convinience),
relaxation, peace, safety, privacy, tranquility(ketenangan), social interaction
and bonding, comfort. Dilihat dari konsep yang dimilikinya dalam penataan salon
poetri ini terlihat jelas sebuah tempat leisure yang berbasis home based leisure.
Salon yang memiliki visi sebuah salon dengan harga murah tetapi kualitas tidak
murahan ini menawarkan sebuah treatment kepada para costumer khusus wanita.
1. Relaxation,
peace, tranquility, comfort, convineince
Diberikannya melalui lokasi
salon tersbut dan berada dalam sebuah bangunan rumah, saat kita memasuki salon
tersebut maka akan langsung tercium aroma terapi guna memberi kesan tenang dan
berfungsi juga sebagai untuk aroma terapi bagi setiap customer yang berada di
dalamnya. Ornamen yang ada di dalam salon tersebut juga bergaya tradisional
layaknya sebuah rumah pada umumnya
2. Safety,
privacy
Para customer juga merasa
privacynya terjaga dengan kekhususan salon ini hanya untuk wanita, sehingga
mereka merasa nyaman untuk melakukan treatment yang mengahruskannya tidak
menggunakan atribut pakaina lengkap (jika berkerudung).
3. Pleasure
Para customer dimanjakan dan
dilayani oleh para terapis yang terlatih dibidangnya, sehingga apa yang telah
menjadi ekspektasi dan harapan customer terhadap sebuah pelayanan salon dapat
menjadi sebuah kepuasan tersendiri. Selain itu customer juga bebas memilih
terapis yang mereka inginkan, hal ini dikarenakan jika seseorang customer sudah
merasa nyaman dan cocok di pegang oleh salah seorang terapis maka mereka akan
kembali meminta untuk ditangani oleh terapis tersebut jika kembali melakukan
treatments di salon poetri.
4. Social
Interaction and Bonding
Disalon ini juga
mengahruskan para terapis bersikap ramah kepada setiap customernya, mengajak
ngobrol, berbincang dan terkadang ada juga sorang customer yang berbagi makanan
dengan terapis yang sedang menanganinya. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan
para customer terhadap pelayanan yang diberikan salon tersebut.
Dalam service blueprinting dapat kita amati bersama, salon menerapkan
peraturan yang cukup ketat dan terstruktur untuk setiap terapis yang ada,
sehingga terapis secara otomatis akan mengikuti dan juga bersikap disiplin agar
tidak mendapatkan hukuman dari pihak management. Dari semua struktur yang ada
dapat dikatakan dijalankan secara baik oleh semua pemeran dalam salon tersbut,
kendala hanya di daparkan pada tahapan treatment dilakukan (BACK STAGE OF
INTERACTION), pada saat customer melakukan treatmentnya yang pertama dan sudah
hampir selesai seharusnya terapi yang bertugas mendata treatment sang cutomer
menanyakan apakah hendak melakukan treatment lanjutan atau tidak contoh :
- Seorang customer pada awal treatmentnya melakukan body message dan lulur dalam sebuh paket perawatan, setelah proses treatment itu berlangsung dan hampir selesai dia hendak menambah treatmentnya dengan perawatan rambut, dia telah ditanya untuk melanjutkan traetment tersebut setelah terapi mencatat apa yang diinginkan oleh customer terkadang terapis lupa memberikan tugas kepada terapi lanjutan untuk melakukan treatment tersebut sehingga customer harus menunggu cukup lama saat hendak memasuki tahap treatment selanjutnya.
Hal seperti ini yang biasanya membuat customer agak merasa risih karena
harus menunggu agak lama, hal ini yang harus menjadi perhatian lebih dan
concern yang harus diperbaiki oleh pihak salon. Jika dilihat dari lapangan hal
seperti ini bisa terjadi karena ramainya pengunjung danterapi yang bertugas
sebagai pendata treatment hanya 2 orang saja, sehingga hal seperti ini lumrah
terjadi.
Untuk mengatasi hal seperti ini dapat diatasi dengan beberapa cara :
- Menambah jumlah terapis yang bertugas mendata treatment
Dikarenakan salon homey ini terdiri
dari 2 lantai akan lebih baik jika dalam satu lantai dapat ditangani 1 pendata
treatment untuk weekday dan 2 pendata treatment di weakend. Hal ini dilakukan
agar dapat meminimalisir kekeliruan yang terjadi terhadap treatment para
customer
- Tidak mengganti terapis
Maksudnya disini saat salah seorang terapis sudah
menangani salah seorang customer akan lebih baik jika customer tersbut terus
dipegang dan ditangani oleh terapis tersebut hingga selesai.
0 comments:
Posting Komentar